SHARE

TeknoEvent Android Jetpack terinspirasi oleh Support Library, seperangkat komponen untuk memudahkan pemanfaatan fitur Android terbaru sembari tetap menjaga kompatibilitas mundur; Android Jetpack saat ini digunakan oleh 99% aplikasi di Play Store.

Apa yang dimaksud dengan Android Jetpack?

Android Jetpack adalah seperangkat komponen, fitur dan panduan untuk membuat aplikasi Android yang menakjubkan. Komponen Android Jetpack menyatukan Support Library dan Architecture Components yang ada dan menyusunnya menjadi empat kategori:

android jetpack untuk mempercepat aplikasi

Komponen Android Jetpack disediakan sebagai library “unbundled” yang bukan merupakan bagian dari platform Android dasar. Ini berarti Anda bisa mengadopsi setiap komponen dengan kecepatan Anda sendiri, pada waktu yang Anda tentukan. Ketika fungsionalitas Android Jetpack yang baru sudah tersedia, Anda bisa menambahkannya ke aplikasi, menerapkan aplikasi Anda ke Play Store dan memberikan pengguna semua fitur-fitur baru dalam satu hari (jika Anda cepat)! Library Android Jetpack unbundled telah dipindahkan ke namespace androidx.* yang baru (sebagaimana dijelaskan secara rinci dalam postingan ini).

Selain itu, aplikasi Anda bisa berjalan pada berbagai versi platform karena komponen Android Jetpack dibangun untuk menyediakan fungsionalitasnya secara independen dari versi tertentu, memberikan kompatibilitas mundur.

Android Jetpack dibangun menggunakan praktik desain modern seperti pemisahan kepentingan dan kemampuan uji serta fitur produktivitas seperti integrasi Kotlin. Hal ini sangat mempermudah Anda dalam membangun aplikasi berkualitas tinggi dan kuat menggunakan lebih sedikit kode. Meskipun komponen Android Jetpack dibangun untuk bekerja bersama, mis. pengetahuan siklus hidup dan data langsung, Anda tidak perlu menggunakan semuanya — Anda bisa mengintegrasikan bagian-bagian Android Jetpack yang dapat menyelesaikan masalah Anda sembari mempertahankan bagian-bagian aplikasi Anda yang sudah bekerja dengan baik.

Android Jetpack hadir dengan lima komponen baru:

  • Rilis alfa WorkManager
  • Rilis alfa Navigation
  • Rilis stabil Paging
  • Rilis alfa Slices
  • Rilis alfa Android KTX (Kotlin Extensions)

WorkManager

Komponen WorkManager adalah library baru yang kuat yang menyediakan solusi bagi semua untuk tugas latar belakang berbasis pembatas yang membutuhkan eksekusi terjamin, menggantikan kebutuhan untuk menggunakan hal-hal seperti tugas atau SyncAdapters. WorkManager menyediakan API yang modern dan disederhanakan, kemampuan untuk bekerja pada perangkat dengan atau tanpa Google Play Services, kemampuan untuk membuat grafik kerja, dan kemampuan untuk melakukan kueri keadaan pekerjaan Anda. Masukan awal sangat menggembirakan tetapi kami juga ingin memastikan bahwa kasus penggunaan Anda juga tercakup. Anda bisa melihat apa yang kami miliki sejauh ini dan memberikan masukan dalam rilis alfa kami pada komponen WorkManager.

Navigation

Meskipun aktivitas adalah titik masuk yang diberikan sistem ke dalam UI aplikasi Anda, ketidakfleksibelan mereka ketika harus berbagi data antara satu sama lain dan transisi menjadikan mereka arsitektur yang kurang ideal untuk membangun navigasi dalam aplikasi Anda. Hari ini kami memperkenalkan komponen Navigation sebagai framework untuk menyusun UI dalam aplikasi Anda, dengan fokus pada pembuatan aplikasi Activity tunggal sebagai arsitektur yang dipilih. Dengan dukungan bawaan untuk Fragment, Anda mendapatkan semua manfaat Architecture Components seperti Lifecycle dan ViewModel sembari memungkinkan Navigation untuk menangani kompleksitas FragmentTransaction bagi Anda. Selanjutnya, komponen Navigation memungkinkan Anda untuk menyatakan transisi yang kami tangani bagi Anda, secara otomatis membangun perilaku Naik dan Kembali yang tepat, termasuk dukungan penuh untuk deep link, dan menyediakan bantuan untuk menghubungkan Navigation ke widget UI yang sesuai, seperti panel navigasi dan navigasi bawah. Namun bukan itu saja! Navigation Editor di Android Studio 3.2 memungkinkan Anda melihat dan mengelola properti navigasi Anda secara visual:

navigation komponen android jetpack

Paging

Data yang disajikan dalam aplikasi bisa berukuran besar dan memakan biaya bila dimuat, jadi sangatlah penting untuk menghindari download, pembuatan, atau penyajian terlalu banyak data secara bersamaan. Komponen Paging versi 1.0.0 memudahkan pemuatan dan penyajian data set besar dengan scrolling tanpa batas yang cepat dalam RecyclerView Anda. Ia bisa memuat data yang disimpan dari penyimpanan lokal, jaringan, atau keduanya, dan memungkinkan Anda menentukan bagaimana isi dimuat. Ini bisa langsung digunakan dengan Room, LiveData, dan RxJava.

Slices

Dan akhirnya, untuk melengkapi serangkaian fitur baru yang melakukan debut mereka di Android Jetpack adalah komponen Slices. Sebuah “slice” adalah cara untuk memunculkan UI aplikasi Anda di dalam Asisten Google sebagai hasil dari suatu penelusuran:

slice komponen android jetpack

Anda bisa mempelajari semua tentang komponen Slices dan cara mengintegrasikannya ke dalam aplikasi Anda pada situs Developer Android.

Android KTX

Dan yang terakhir tetapi tidak kalah pentingnya, satu tujuan dari Android Jetpack adalah untuk memanfaatkan fitur bahasa Kotlin yang membuat Anda lebih produktif. Anda bisa membaca lebih lanjut tentang Android KTX di situs web Developer Android.

Memulai

Anda bisa memulai dengan Android Jetpack di developer.android.com/jetpack.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here